FashionKesehatanReview

4 Cara Mudah Mencuci Masker Kain

4-cara-mudah-mencuci-masker-kain

Protokol kesehatan mulai digemakan semenjak virus corona masuk ke Indonesia lima bulan yang lalu. Masyarakat dianjurkan untuk senantiasa mencuci tangan dan menggunakan masker saat akan keluar rumah. Pada saat itu, masker medis sangatlah langka, sehingga masyarakat mulai mencari toko online yang jual masker kain.

Masker kain menjadi alternatif lain dalam pencegahan penularan virus corona. Meskipun tidak seefektif masker medis, masker berbahan kain bisa menahan bakteri dan virus agar tidak langsung menempel pada wajah. Oleh karena itu, penting untuk mencuci masker kain secara berkala agar tetap higienis dan bisa dipakai berulang-ulang.

Mencuci masker kain

Agar masker tetap awet, cara mencucinya pun tidak bisa sembarangan. Berikut adalah cara mudahnya.

1. Menggunakan Detergen atau Disinfektan

Sata mencuci masker kain, sama halnya seperti mencuci pakaian pada umumnya. Anda bisa menggunakan detergen jika mencucinya dengan mesin cuci, dan menggunakan desinfektan jika mencucinya dengan tangan. Cuci perlahan agar bahan kain tidak rusak. Saat mencuci menggunakan desinfektan, Anda cukup merendamnya selama 30 menit saja.

2. Menggunakan Air Hangat

Saat mencuci masker kain, air yang digunakan tidak sama seperti mencuci baju pada umumnya. Sebaiknya, Anda menggunakan air hangat untuk mencuci masker ini. Dengan demikian, bakteri atau virus yang menempel pada masker akan mati seketika. Rendam dalam air hangat selama 30 menit sebelum menggunakan detergen. Jadi, jangan malas untuk memasak air terlebih dahulu.

3. Mengeringkan di Bawah Sinar Matahari Langsung

Jika masker sudah selesai dicuci, langsung keringkan di bawah sinar matahari langsung. Pastikan Anda menjemurnya saat kondisi matahari sedang panas-panasnya. Misalnya, menjemur masker kain pada jam 10 pagi atau di atas jam 12 siang. Sinar matahari yang menyengat dipercaya bisa membasmi mikroorganisme seperti bakteri dan virus.

Jika cuaca mendung, Anda bisa menggunakan hairdryer atau setrika. Pastikan masker langsung dikeringkan. Jika tidak, masker akan lembab dan berbau tidak sedap, sehingga menimbulkan bakteri dan jamur. Selain itu, sesuaikan suhu setrika untuk mengeringkan masker. Jika terlalu panas, masker tentu akan rusak dan Anda harus mencari lagi toko yang jual masker kain bagus.

4. Menyimpannya di Tempat yang Kering

Jika sudah dikeringkan, simpan masker di tempat yang kering. Ini dilakukan agar masker tidak lembab. Jika masker sudah lembab atau basah, bakteri dan jamur pun akan bermunculan. Oleh karena itu, simpan di tempat-tempat yang kering dan aman seperti di dalam lemari baju.

Itulah empat cara mencuci masker kain yang mudah dan tepat. Jika Anda membutuhkan masker fullprint, cari toko online yang jual masker kain terbaik. Menggunakan masker dengan aneka motif bisa membuat Anda terjaga dari virus sekaligus tampil keren di depan umum. Anda juga bisa membuat masker custom sesuai dengan selera.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close